5 Tempat Paling di Rindukan Saat Umrah

Kategori : Kita Jalan Yuk !!, Ditulis pada : 02 Februari 2021, 12:49:03

Ya Rabb Kami Rindu Rumah-Mu !

ditulis dan design oleh : Egin dan Yoga, pada Selasa 02 Februari 2021

Mekkah, tempat yang paling dirindukan seluruh umat muslim didunia. Hampir satu tahun Masjidil Haram ditutup karena pandemi covid-19 yang melanda hampir diseluruh dunia. Hal ini mengakibatkan banyak jamaah umrah mapun haji yang tertunda keberangkatannya. Hal ini tentunya menyebabkan kerinduan yang teramat dalam bagi umat muslim diseluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Salah satu negara penyumbang Jamaah terbesar.

Selain menjadi tempat ibadah, beberapa tempat anatar Madinah dan Mekkah menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat pelaksanaan ibadah umroh, hal ini karena ada beberapa tempat yang menjadi napak tilas dari perjuangan islam yang dilakukan oleh Nabi dan Rasul dulunya. Berikut beberapa tempat yang menjadi destinasi wisata religi saat umrah

1. Kabah

KA'BAH.jpg

Ka'bah terletak di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Ka'bah menjadi kiblat bagi seluruh umat muslim diseluruh dunia. Luas Masjidil Haram lebih dari 356.000 meter persegi dan muat menampung 820.000.000 jamaah. Ka'bah meruakan bangunan ibadah pertama umat muslim yang dibangun oleh Nabi Ibrahim AS sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Ali Imran ayat 96 :

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

Artinya: Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.

Setelah Ka'bah berdiri, maka dijadikanlah sebgai tempat unutk sholat dan tawaf. Sampai detik ini ka'bah sudah mengalami empat kali perbaikan. Selain itu, Ka'bah memiliki fakta lain, dilansir dari travel.dream.co.id  Ka'bah merupakan kawasan yang mempunyai gravitasi sangat stabil, karena tekanan gravitasinya sangat tinggi. Di sanalah berpusatnya suara-suara yang tidak dapat didengar oleh telinga.

2. Gua Hira

GUA-HIRA.jpg

Gua Hira terletak di Jabal Nur yang merupakan menjadi tempat pertama Rasulullah menerima wahyu dari Allah melalui perantara Malaikat Jibril. Gua Hira menjadi salah satu destinasi yang pasti dikunjungi Jamaah saat menjalankan ibadah umrah. Jabal Nur sendiri memiliki jalur bebatuan yang cukup curam, hal ini yang membuat para pendaki harus lebih berhati-hati untuk mencapai puncak gunung. 

3. Masjid Nabawi

MASJID-NABAWI.jpg

Dulunya merupakan rumah dari Nabi Muhammad SAW pada tahun 622 Masehi. Sekarang menjadi salah satu tempat yang wajib untuk didatangi saat pelaksanaan ibadah umrah. Disana terdapat pula makam Nabi Muhamad SAW. Masjid Nabawi dapat menampung 1 juta jamaah.   

4. Jabal Rahmah

JABAL-RAHMAH.jpg

Tempat pertemuan Nabi Adam dengan Hawa untuk pertama kali setelah diusir dari Surga. Terletak dibagian timur Padang Arafah kota Mekkah, selain itu memiliki nama lain yaitu Gunung Kasih Sayang. Tak banyak orang tau, selain menjadi tempat pertemuan antara Nabi Adam dan Hawa, Jabal Rahmah juga menjadi saksi untuk 2 Nabi lainnya. Kisah Nabi Ibrahim yang mendapatkan perintah dari allah SWT untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail AS dan juga tempat nabi Muhammad SAW menyampaikan dakwah tentang kesempurnaan agama Islam. 

5. Jabal Uhud

JABAL-UHUD.jpg

Menjadi tempat berlangsungnya pertempuran antara umat muslim yang hanya berjumlah 700 orang dengan kaum Quraish yang berjumlah 3000 orang. Hamzah Abdul Muthalib menjadi salah satu mujahid yang gugur dalam peperangan. dikutip dari okezone.com Di lokasi ini juga terdapat Makam Syuhada Uhud. Lokasinya dipagar secara rapat. Selain itu dilapisi kaca plastik tipis sehingga tidak bisa dilihat terlalu jelas dalamnya. Tempat ini merupakan pemakaman bagi 70 sahabat Nabi Muhammad yang gugur pada Pertempuran Uhud.

Itulah beberapa tempat yang menajdi destinasi wisata religi umat muslim. Dengan mendatangi tempat tersebut secara langsung, pastinya akan menambah keimanan kita sebagai seorang muslim.

 

 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id